Tata Bunyi Bahasa Sunda

Tata Bunyi Bahasa Sunda - Seperti belajar bahasa pada umumnya yang sering di perhatikan yaitu tata bunyi, ungkapan dasar, kosakata dasar, tata bahasa. Dan yang paling simpel, yang akan kita pelajari adalah tata bunyi bahasa Sunda bagaimana kita melafalkan suara suara pada setiap hurup yang terdapat pada bahasa sunda.

Bahasa Sunda, ditulis menggunakan tulisan latin walaupun memiliki aksara tradisional, yang semoga saja bisa kita bahas nanti. Sekarang, kita bahas saja langsung tata bunyi bahasa Sunda.

Tata Bunyi Bahasa Sunda


A. Vokal
Vokal dalam bahasa sunda ada tujuh. Wow! Lebih dua daripada vokal bahasa Indonesia. Ketujuh vokal tersebut adalah a, e, é, eu, i, o, dan u.
/a/ diucapkan seperti dalam kata /ayah/ (contoh: abdi=saya)
/e/ diucapkan seperti dalam kata /enam/ (contoh; rewog=rakus)
/é/ diucapkan seperti dalam kata /enak/ (contoh; éling=sadar)
/eu/ (lambang fonetis: /ɤ/) mirip dengan /e/ namun mulut lebih terbuka, atau mengucapkan /e/ dengan bentuk bibir sedang mengucapkan /é/ (contoh: euweuh=tidak ada)
/i/ diucapkan seperti dalam kata /ikan/ (contoh: ieu:ini)
/o/ diucapkan seperti dalam kata /orang/ (contoh: obor=obor)
/u/ diucapkan seperti dalam kata /utang/ (contoh: mulih=pulang)


B. Konsonan
Dalam bahasa Sunda, ada 18 fonem konsonan, yakni p, b, t, d, k, g, c, j, h, ng, ny, m, n, s, w, l, r, dan y. Semuanya berbunyi sama dengan bahasa Indonesia. Untuk konsonan lain, mendapat "sundanisasi" seperti f --> p, v --> p, z --> j, sy --> s, sh --> s, kh ---> h, dan z --> j. Meski sebenarnya huruf-huruf f, v, z, sy, sh, dan kh dapat diucapkan dengan jelas oleh orang Sunda, namun kebanyakan orang lebih menyukai untuk menggunakan konsonan asli bahasa Sunda.

Itu saja. Ya itu saja. Umm, baiklah, silakan berlatih mengucapkan kata-kata dibawah ini. Karena bunyinya tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, tentu latihan ini akan mudah :)

meureun = mungkin
énjing = besok
mineng = sering
téréh = hampir
cocooan(co-co-o-an) = mainan
leupeut = lontong
resep=suka

éléh méméh dipacok = kalah sebelum bertanding (idiom)
laleur mapay areuy = lalat menyusuri padi
simkuring nuju neda = saya sedang makan

Basa sunda nyaéta basa nu dianggé ku masarakat jawa kulon nu janten basa daérah nu paling seueur dianggo kadua. basa sunda gaduh seueur kaunikan sareng kaéndahan nu henteu dipiboga ku basa nu séjén boh basa daérah nu séjén atawa basa asing. (bahasa Sunda adalah bahasa yang digunakan oleh masyarakat Jawa barat yang menjadi bahasa daerah yang paling banyak digunakan kedua. Bahasa sunda memiliki banyak keunikan dan keindahan yang tidak dimiliki bahasa lain baik bahasa daerah yang lain ataupun bahasa asing).

Sekian pembahasan tentang Tata Bunyi Bahasa sunda Teruslah berlatih agar pronunciation bahasa Sunda anda semakin baik
Advertisement
Tata Bunyi Bahasa Sunda
Loading...