Bagian Rumah Adat Sunda Tradisional

Bagian Rumah Adat Sunda Tradisional - Rumah sunda tradisional memiliki bagian-bagian yang bisa dibagi menjadi 3 bagian dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing, setiap bagian rumah tradisional sunda dibedakan menjadi bagian Hareup ( depan ) bagian Tengah dan bagian Belakang ( tukang).


Kegunaan Bagian Rumah Adat Sunda Tradisional


A. Hareup (depan)

Bagian depan disebut tepas atau emper, digunakan sebagai tempat menerima tamu laki-laki. Biasanya kosong gak ada perkakas dan biasanya kalo ada tamu yang datang suka di gelarin tikar yang terbuat dari anyaman pandan. Tepas di Baduy disebut juga sosoro dan ada yang diberi tambahan yang disebut sosompang (Khusus di rumah Jaro). Sejajar dengan tepas, biasanya ada kamar yang disediakan untuk tamu.

B. Tengah

Bagian tengah disebut tengah imah, terdiri dari pangkeng / enggon (kamar) yang kadang-kadang memakai batas dengan dinding bilik, tapi ada juga yang tidak. Pangkeng atau enggon adalah tempat untuk tidur. Dalam rumah yang agak besar, di bagian tengah ini biasanya ada ruangan untuk berkumpul seisi rumah.

C. Tukang (belakang)

Bagian belakang rumah terdiri dari pawon (dapur), padaringan (tempat menyimpan bahan pangan) dan goah (tempat shalat). ruangan belakang juga sering dipakai untuk menerima tamu perempuan.


Advertisement
Bagian Rumah Adat Sunda Tradisional