Macam - Macam Alat Pertanian Sunda Tradisional

Macam - Macam Alat Pertanian Sunda Tradisional - Dijaman yang sudah canggih dan modern ini saya akan membuat sebuah artikel sederhana tentang Alat-alat pertanian masyarakat sunda Tradisional yang biasa digunakan oleh orang sunda, mungkin juga digunakan oleh orang orang dari daerah lain seperti jawa, bali,sulawesi dan sebagainya.

Sekarang ini orang sangat jarang menggunakan peralatan Tradisional khusunya pertanian karena dinilai lebih susah dan ribet, sehingga banyak beralih menggunakan mesin. misalnya saja dulu ketika membajak sawah masih menggunakan hewan yaitu Kerbau ataupun Sapi tetapi sekarang masyarakat sunda khususnya sudah mulai beralih menggunakan Traktor yang dianggap lebih mudah dan cepat, akibatnya peralatan tradisional sudah mulai langka. dan tidak menutup kemungkinan anak cucu kita nanti tidak lagi mengenal atau mengetahui peralatan-peralatan pertanian tradisional sunda.

alat pertanian masyarakat sunda trandisional

Maka dari itu pada Postingan kali ini saya tuliskan beberapa alat pertanian (pakakas pak tani) yang pada zaman sekarang sudah jarang di gunakan karena sudah di ganti sama alat-alat canggih.

Alat - alat pertanian Sunda :



Huluku


Alat buat membajak sawah terbuat dari kayu, biasanya untuk membolak-balikan tanah yang di tari oleh sapi/kerbau.

Garu
Alat membajak sawah, terbuat dari kayu dan bambu dan yang kayu bentuk nya balok panjang yang di beri gigi, biasanya digunakan untuk meratakan tanah setelah di huluku dan di tarik pleh sapi/kerbau.

Pacul


Gunanya untuk membolak-balikan tanah atau membuat pematang sawah (ngagaleunganan), terbuat dari besi dan di beri dari kayu. Panjang gagangnya kira-kira 90cm.

Lencog


Bentuk nya seperti garfu buat makan, terbuat dari besi, untuk memebalikan tanah dan biasanya di gunakan di lahan perkebunan.

Sabit


Biasanya di gunakan untu memeotong padi, atau memeotong rumput.

Bengkong / congkrang

Buat membersihkan rumput atau membabat rumput. Bentuk nya seperti sabit.

Itulah beberapa pakakas pertanian masyarkat sunda, namun sekarang peralatan tersebut diantaranya sudah susah kita temukan karena sudah tergantikan oleh peralatan modern.

Artikel Terkait Lainnya :
alat pertanian modern dan fungsinya
alat pertanian tradisional dan fungsinya
nama nama alat pertanian
alat pertanian tradisional dan modern
alat alat pertanian tradisional
alat pertanian tradisional jawa
alat pertanian tradisional garu
perkakas petani


Advertisement
Macam - Macam Alat Pertanian Sunda Tradisional