Obat Tradisional Sunda Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Ringan

Obat Tradisional Sunda Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Ringan - Sehat ( dalam bahasa sunda = Cageur ) adalah impian setiap orang, baik sehat jasmani maupun sehat rohani, karena ada istilah dalam tubuh yang sehat terdapat dalam jiwa yang kuat ( mensana in kompori sano ). Istilah lokal yang biasa dipakai oleh masyarakat Jawa Barat ( orang sunda ) adalah muriang untuk demam , nyeri sirah untuk sakit kepala, gohgoy untuk batuk dan salesma untuk pilek / flu. Pencegahan sakit umumnya dengan menghindari penyebabnya. Menurut orang sunda , orang sehat adalah mereka yang makan terasa enak walaupun dengan lauk seadanya,  dapat tidur nyenyak dan tidak ada yang dikeluhkan , sedangkan sakit ( gearing ) adalah apabila badan terasa sakit , panas atau makan terasa pahit , kalau anak kecil sakit biasanya rewel , sering menangis , dan serba salah / gelisah . Dalam bahasa sunda orang sehat disebut cageur, sedangkan orang sakit disebut gering.

Ada beberapa perbedaan antara sakit ringan dan sakit berat . Orang disebut sakit ringan apabila masih dapat berjalan kaki , masih dapat bekerja, masih dapat makan – minum dan dapat sembuh dengan minum obat atau obat tradisional yang dibeli di warung . Orang disebut sakit berat,  apabila badan terasa lemas , tidak dapat melakukan kegiatan sehari – hari , sulit tidur , berat badan menurun , harus berobat ke dokter / puskesmas , apabila menjalani rawat inap memerlukan biaya  mahal.

Konsep sakit ringan dan sakit berat bertitik tolak pada keadaan fisik penderita melakukan kegiatan sehari – hari , dan sumber pengobatan yang digunakan. Berikut beberapa contoh sakit dengan penyebab , pencegahan dan pengobatan sendiri.

1 . Rieut Sirah ( Sakit Kepala )

Keluhan sakit kepala dibedakan antara nyeri kepala ( rieut atau nyeri sirah ) , kepala terasa berputar / pusing ( Lieur ) , dan sakit kepala sebelah / migran     ( rieut jangar ) . Untuk mencegah sakit kepala adalah dengan menghindari terkena sinar matahari langsung , dan jangan banyak pikiran . Cara pengobatan nya biasanya meminum obat warung atau obat tradisional atau ada pula pengobatan nya dengan di pijit atau di urut.

Artikel Laina :


2 . Muriang/Muriangan ( Sakit Demam )

Keluhan demam ( muriang atau panas tiris ) ditandai dengan badan terasa pegal – pegal , menggigil , kadang – kadang bibir biru . Penyebab demam adalah udara kotor , menghisap debu kotor . pergantian cuaca , kondisi badan lemah , kehujanan , kepanasan cukup lama , dan keletihan . Pencegahan demam adalah dengan menjaga kebersihan udara yang dihisap , makan teratur , olahraga cukup , tidur cukup , minum cukup , kalau badan masih panas / berkeringat jangan langsung mandi , jangan kehujanan dan banyak makan sayuran atau buah . Pengobatan sendiri demam dapat dilakukan dengan obat tradisional , yaitu kompres badan dengan tumbukan daun melinjo , daun cabe atau daun singkong. Selain itu, orang sunda biasa dengan menggunakan labu ( waluh ) yang diparut ( dihaluskan ) , kemudian dibungkus kain dan di kompreskan ke tubuh orang yang sakit panas tersebut hingga panasnya turun. Selain itu juga bisa dengan menggunakan kompres air dingin.

3 . Gohgoy ( Sakit Batuk )

Batuk TBC , yaitu batuk yang sampai mengeluarkan darah dari mulut , batuk biasa ( gohgoy ) , dan batuk yang terus menerus dengan suaranya melengking ( batuk bangkong ) dengan gejala tenggorokan gatal , terkadang hidung rapet , dan kepala sakit  . Penyebab batuk TBC adalah karena orang tersebut menderita penyakit TBC paru , sedangkan batuk biasa atau batuk bangkong adalah menghisap debu dari tanah kering yang baru tertimpa hujan , alergi salah satu makanan , makanan basi , masuk angin, makan makanan yang digoreng dengan minyak yang tidak baik , atau tersedak makanan / keselek . Pencegahan batuk dilakukan dengan menjaga badan agar jangan kedinganan , jangan makan makanan basi , tidak kebanyakan minum es , menghindari makanan yang merangsang tenggorokan , atau menyebabkan alergi . Bila batuk ringan dapt minum obat tradisional yaitu air perasan jeruk nipis dicampur kecap , daun sirih 5 lembar diseduh dengan air hangat setengah gelas atau rebusan jahe dengan gula merah.

4 . Salesma ( Pilek / Flu )

Keluhan pilek ringan ( salesma ) , yaitu hidung tersumbat atau berair , dan pilek berat yaitu pilek yang disertai sakit kepala , demam , badan terasa pegal dan tenggorokan kering. Penyebab pilek adalah kehujanan menghisap debu kotor, menghisap asap rokok , menghisap air , pencegahan pilek adalah jangan kehujanan , kalau badan berkeringat jangan langsung mandi, apabila muka terasa panas ( singhareab ), jangan mandi langsung minum obat , banyak minum air dan istirahat. Pengobatan sendiri digunakan obat tradisional untuk mengurangi keluhan , misalnya minyak kelapa dioleskan di kanan dan kiri hidung.

5. Hapur ( Penyakit Panu )

Panu ( hapur ) di sebabkan oleh jamur. Pada bagian yang terkena panu, biasanya berwarna agak keputihan. Di tempat-tempat inilah jamur tumbuh pada kulit. Kulit di tempat yang terkena panu ini akan terasa gatal. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengoleskan krim obat yang banyak dijual di apotik-apotik.
Masih banyak jenis-jenis penyakit kulit yang bisa menjangkiti manusia. Hidup bersih merupakan salah satu usaha untuk menghindari berbagai jenis penyakit kulit ini. Saat terjadi masalah pada kulit, segeralah berkonsultasi dengan dokter spesialis supaya penyakit kulit tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Obat tradsisional buat mengatasi penyakit panu (hapur) yaitu :  ambilah lengkuas beberapa ruas, lalu cuci bersih. Tumbuklah atau di parut lengkuas tersebut sampai halus tambahkan garam. Kemudian gosokan pada kulit yang terkena panu secara rutin. atau 5 lembar daun jinten dan 3 butir bawang putih ditumbuk halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, aduk hingga rata, kemudian digosokkan pada kulit yang terkena panu.
6 . Cacar

Penyebab dari terjadinya penyakit kulit ini adalah virus. Saat penyakit ini menyerang, tubuh akan mengalami demam diawal. Setelah itu, di permukaan tubuh akan muncul bintik-bintik merah yang akan cepat menyebar.
Bintik-bintik ini berisi cairan dan harap diperhatikan bahwa jangan pernah menggaruk bintik-bintik ini karena nantinya akan meninggalkan bekas setelah sembuh. Setelah beberapa hari, bintik-bintik yang berair ini akan mengering dan perlahan-lahan hilang satu per satu. Untuk mempercepat proses penyembuhan, banyak istirahat dan konsumsi makanan bervitamin terutama buah-buahan.

Untuk mengurangi gatal yang disebabkan oleh penyakit cacar maka bisa menggunakan bedak yang mengandung menthol. Kandungan menthol yang ada pada bedak akan memberikan rasa atau sensasi dingin pada kulit sehingga rasa gatal sedikit berkurang. Namun jika kulit penderita sangat sensitif maka dianjurkan untuk menggunakan bedak yang tidak mengandung menthol.

Cara pengobatan nya yaitu : ambilah 30 gram temulawak, 20 gram kencur, 1 ruas jahe, 10 gram asam. Tumbuklah semua bahan tersebut sampai halus dan rebuslah dengan 600 cc air. Biarkan hingga tinggal separuhnya. Saring dan minumlah 3 kali sehari secara teratur.
7 . Bisul/Bisulan

Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang mengganggu. Rasa nyeri yang luar biasa pada bagian yang diserang bisul mengakibatkan terganggunya beberapa aktivitas, bisul ini disebabkan oleh adanya infeksi dari bakteri Stafilokus aureus pada kulit. Penginfeksian oleh bakteri Stafilokus aureus tersebut biasanya masuk melalui kelenjar minyak, rambut folikel, dan kelenjar keringat yang kemudian mengakibatkan infeksi lokal.

Seperti yang terjadi pada penyakit kulit lainnya bahwa bisul juga disebabkan oleh kurang bersihnya seseorang dalam menjaga kebersihannya. Tidak hanya masalah kebersihan saja tetapi juga dikarenakan oleh pemakaian kosmetik yang terlalu lama dan proses pembersihannya yang kurang rapi sehingga kosmetik menyumbat pori-pori kulit. Penyebab lainnya yang juga mampu mendatangkan penyakit bisul pada kulit adalah luka luar yang terbuka dan akhirnya terkena infeksi bakteri Stafilokokus aureus ( dalam bahasa sunda = Kamalangkeum ) Selain itu juga disebabkan oleh terjadinya pelemahan karena diabetes.

Bisul memang biasa tumbuh pada daerah yang sekitar kulit yang memiliki kelembapan yang tinggi dibandingkan dengan daerah yang lainnya. Daerah kulit yang biasanya dijadikan sarang tumbuhnya bisul adalah pada lipatan paha, ketiak, leher, kepala, dan paling banyak adalah di sekitar bokong.
Penyakit bisul bisa dilihat dengan mata terbuka, biasanya berupa benjolan yang terus membesar dan berwarna kemerahan. Mirip seperti jerawat namun bisul berpuluh-puluh lipat besarnya jika dibandingkan dengan jerawat dan bisul mempunyai cairan yang baunya anyir disebut nanah.

Benjolan yang diakibatkan oleh bisul tersebut berisikan cairan nanah yang terasa panas dan berdenyut. Untuk mengobatinya cukup dioleskan salep yang bisa dibeli di apotik terdekat. Pemakaian salep digunakan agar bisul cepat membesar dan akhirnya mengeluarkan nanah. Biasanya orang akan memencet bisul tersebut dengan tangah hingga bisul benar-benar keluar semua nanahnya tinggal darah kotor saja.

Cara pengobatan nya yaitu : kupaslah kulit lidah buaya beberapa batang dan campurkan sedikit garam. Tempelkan pada bisul.

8 . Kaligata
( Penyakit Biduran )

Biduran bisa disebabkan karena penolakan tubuh terhadap makanan maupun terhadap kondisi cuaca di lingkungan kita. Ada yang mengatakan bahwa Mengatasi biduran dengan air kelapa hijau merupakan cara yang cukup ampuh. Penderita biduran akan mengalami benjolan yang muncul pada sebagian tubuhnya bahkan bisa seluruh tubuh, jadi segera melakukan pengobatan biduran akan lebih baik agar tidak lebih parah, biduran ini akan timbul dengan cepat dan hilang timbul perlahan lahan kurang dari 24 jam. Penyebab biduran di antaranya adalah karena mengkonsumsi obat obatan tertentu, makan makanan tertentu, infeksi bakteri, jamur, dan bisa juga si sebabkan oleh parasit.

 Cara pengobatan nya yaitu : rebuslah kunyit, sambiloto, daun kelor, adas, bawang merah dengan 600 cc air. Biarkan sampai airnya tinggal 200 cc. Setelah itu saring dan diminum secara teratur. atau bisa juga dengan cara ambillah panglay kemudian di haluskan bisa dengan cara di tumbuk atau di parut kemudian di gosokan ke badan.

9 . Kesang Maling
( Biang Keringat )

Biang keringat juga dikenal sebagai miliaria, merupakan ruam yang gatal, bintik-bintik merah kecil timbul yang menyebabkan rasa menyengat atau tusukan pada kulit. Ruam dapat berkembang di manapun pada tubuh, tetapi paling sering terjadi di wajah, leher, punggung, dada dan paha. Ruam terdiri dari bintik-bintik kecil atau benjolan yang dikelilingi oleh daerah kulit yang merah. Bintik-bintik terkadang terlihat seperti lecet kecil. Ini dapat menyebabkan pembengkakan ringan, gatal, dan tusukan-tusukan menyengat. Biang keringat memang bukan penyakit yang berbahaya, namun bisa menular melalui kontak fisik, udara, atau pakaian
 Cara pengobatan nya yaitu :  ambilah 3 batang lidah buaya dan blender dengan dicampur tepung umbi secukupnya. Aduk sampai seperti jel. Oleskan pada kulit yang terkena biduran.

10 . Alergi

Alergi merupakan suatu reaksi menyimpang dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap zat/bahan yang secara normal tidak berbahaya bagi tubuh, dan melibatkan sistem kekebalan tubuh terutama antibodi imunoglobulin.
Untuk mengetahui kemungkinan adanya reaksi alergi di dalam tubuh seseorang dapat dilakukan dengan pemeriksaan kadar IgE di dalam darah. Seseorang dengan kadar IgE yang berada pada ambang batas tinggi akan memiliki kecenderungan mudah mengalami reaksi alergi.

Cara pengobatan nya  yaitu : rebuslah sambiloto, temulawak, meniran. Biarkan hingga air rebusan tinggal separuhnya. Setelah dingin minum sehari 2 kali.

11 . Jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-porI kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderita nya.

Cara pengobatan nya yaitui : peraslah jeruk nipis dan air perasan tersebut ditambahkan air. Lalu minumlah air perasan tersebut setiap hari. atau dengan meneteskan perasa jeruk nipis pada wajah dan ratakan menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

12 . Kurap (balas)

kurap merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Gejala yang mampu diberikan oleh panyakit kulit kurap adalah adanya penebalan pada kulit yang disertai dengan timbul lingkaran-lingkaran.
Kulit akan menjadi bersisik, berair, dan akan terasa sangat gatal pada bagian yang terkena jamur tersebut. Pada akhirnya gejala tersebut akan menimbulkan bercak keputihan pada kulit yang disebabkan adanya pertumbuhan jamur pada kulit.

Penyakit kulit kurap timbul karena kurangnya penderita penyakit kurap dalam menjaga kebersihan tubuhnya. Biasanya daerah yang banyak terserang oleh jamur yang menyebabkan kurap adalah bagian tengkuk, leher, dan kulit kepala.

Upaya pencegahan yang bisa dilakukan agar tidak terkena penyakit kurap adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan terutama pada daerah yang paling sering diserap oleh jamur yang menyebabkan terjadinya penyakit kurap yakni pada daerah tengkuk, leher, dan kulit kepala. Kurap merupakan penyakit yang menular. Penularan yang diakibatkan oleh jamur tersebut bisa terjadi melalui kontak langsung dengan penderita atau secara tidak langsung. Kontak yang tidak langsung biasanya paling banyak ditularkan lewat pakaian dan handuk.

Untuk pengobatan penyakit kurap yang bisa dilakukan adalah dengan mengoleskan obat pada bagian yang terserang jamur tersebut. Obat yang digunakan adalah obat anti jamur semisal obat yang mengandung mikonazol dan kloritomazol.

Cara pengobatan nya yaitu :

1 . Daun tembakau secukupnya ditumbuk halus kemudian dioleskan pada kulit yang terkena kadas.
2 . Lengkuas (segar) dipotong salah satu ujungnya lalu dicelupkan pada bubuk belerang lalu dioleskan pada kulit yang terkena panu/kadas. Penggunaan : lakukan secara teratur 1-2 kali sehari.
3 . Cuci bersih 500 mg kayu bidara laut, 3 gram daun ketepeng, dan 4 gram rimpang kunyit, lalu rebus dengan 110 ml air hingga mendidih. Dinginkan.
Pemakaian : Gunakan sebagai kompres di bagian kulit yang terserang kurap. Perbarui ramuan setiap 3 jam
4 . Tumbuk 3 jari batang brotowali dan belerang yang sebesar kemiri sampai halus, lalu remas dengan minyak kelapa seperlunya.
Pemakaian : Oleskan di kulit yang terserang kadas, 2 kali sehari.
Ramuan Tanaman obat Herbal Tradisional kadas 7
Cuci bersih daun mimba secukupnya, lalu memarkan hingga halus.
Pemakaian : balurkan di bagian yang terkena penyakit tersebut.


13 . Eksim

Ada beragam jenis-jenis penyakit kulit eksim ini, yaitu Dermatitis kontak, DermatitisAtopik, Eksim stasis dan Eksim Numular. Penyakit ini menyerang kulit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Saat penyakit menyerang, kulit akan menjadi merah, kering dan terkadang bersisik.

Penyakit ini bisa membuat kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Untuk mengatasinya, kulit harus diolesi salep pelembab agar tidak terlalu kering. Penyakit ini juga sangat sensitif dengan kondisi cuaca. Makanan juga bisa menjadi penyebab terjadinya eksim.

Ada Dua Jenis Penyakit Eksim (Dermatitis)
1. Eksim Kering
Eksim kering ditandai dengan bercak-bercak merah pada kulit. Selain itu, kulit juga bersisik dan terkadang timbul gelembung-gelembung yang keras.
2. Eksim Basah
Eksim basah ditandai dengan kulit kering dan pecah-pecah, tetapi selalu mengeluarkan cairan basah.
cara penngobata nya yaitu :  
3 lembar daun kecubung dan minyak kelapa ditumbuk halus, ditambah dengan minyak kelapa. Kemudian dipanggang diatas api. di oleskan dalam keadaan hangat-hangat dipakai untuk menggosok bagian badan yang kena eksim.
Ambil Daun ketepeng china secukupnya kemudian di haluskan  tambahkan  1/2 sendok teh bubuk belerang dan  1 sendok makan minyak zaitun,  aduk hingga bercampur kemudian di panaskan sebentar, setenlah hangat oleskan pada bagian yang terkena eksim.
Kupas daun lidah buaya, haluskan bagian dalam nya campurkan dengan bubuk samiloto aduk hinnga kental, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena eksim.
14 . Nyeri Panon ( Sakit Mata )
Penyakit mata sangat beragam dan tidak semuanya dapat menular. Jika penyakit mata disebabkan virus atau bakteri maka bisa menular, sedangkan jika penyebabnya alergi tidak akan menular. Cara penanganan dan pencegahan macam-macam penyakit mata ini pun berbeda, tergantung penyebabnya.
Cara Pengobatan nya yaitu :
Basuhlah muka anda dengan air bersih, sampai kotoran di mata dan muka anda bersih, terus lap muka anda menggunakan handuk bersih sampai kering. Ambil satu siung bawang putih, di cuci bersih, ujung bawang, kita potong (bahasa sunda : piteus) sedikit. Sebaiknya jangan gunakan bawang bombay, gunakan bawang biasa. Gosokkan perlahan-lahan ujung bawang yang sudah di potong sejajar dengan akar bulu mata. Jangan di bagian kelopak atas, sebaiknya di bagian kelopak mata bawah.  Tahan, tunggu beberapa saat maka akan timbul rasa perih, gatal bahkan geli hingga membuat kepala kita seolah-olah bergoyang mengikuti irama musik. Ulangi beberapa kali, dan sebaiknya pengobatan ini dilakukan kalau anda mau tidur.

Obat Sakit Mata Bengkak, Berair, dan Mata Lelah yaitu :

Kayu secang (Caesalpinia sappan) di aduk dalam gelas kemudian teteskan airnya pada bagian mata yang sakit 1-3 x 1 hari sebanyak 1-3 tetes.

Ambil Pucuk daun waru laut (Hibiscus tiliaceus) 2-3 lembar tambahkan 1-2 siung lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan madu, peras. Minum ramuan sakit mata 2-3 x 1 hari.
Cuci sampai bersih buah mengkudu, lalu parut. Tambahkan tuak aren, campur hingga rata, peras. Minum ramuan obat untuk sakit mata ini 1-2 x 1 hari.
Campur daun turi dengan adas dan kapur sirih, lalu remas-remas.
Tempelkan obat mata pada alis 1-2 x 1 hari selama 15-30 menit. Lakukan sampai sakit mata sembuh.
Batang bambu cangkoreh (Dinocloa scandens) 1 ruas di Potong kemudian Teteskan air yang keluar dari batang bambu cangkoreh pada mata sakit. Lakukan 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Kantong semar (Nepenthes gymnamphora) 1 kantong, lalu teteskan pada mata yang sakit air yang ada di dalam kantong semar yang masih tertutup rapat. Lakukan 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.
Ambil Daun bingbin (Pinanga coronata) muda 1-2 lembar remas - remas daun bingbin sampai keluar airnya. lalu teteskan pada mata 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Ambil daun sirih (Piper betle) 7 lembar, cuci sampai bersih daun sirih, lalu rebus kira-kira 2-3 gelas sampai mendidih , dinginkan.
Gunakan untuk obat pencuci mata yang sakit. Lakukan 2-3 x 1 hari.
Potong Batang pacing (Costus spiciosus) 1 ruas, Teteskan air yang ada dalam batang pacing pada mata yang sakit 1-2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Obat Mata Minus

Bahan
Wortel (Daucus carota) 7 buah
Air matang secukupnya
Cara Pengobatan
Cuci wortel sampai bersih, lalu parut. Setelah itu tambahkan sedikit air, peras, dan saring.
Minum ramuan herbal wortel 1 x 1 hari. Ulangi setiap 3 hari sekali secara rutin.

Obat Mata Kurang Terang

Resep 1
Bahan
Daun tembakau (Nicotiana tabaccum) 1 lembar
Cara Pengobatan
Remas-remas daun tembakau.
Teteskan daun tembakau ini untuk obat mata 2 x 1 hari sebanyak 1-2 tetes.
Resep 2
Bahan
Daun sirih (Piper betle) 7 lembar
Air bersih 2-3 gelas
Cara Pengobatan
Cuci sampai bersih daun sirih, lalu rebus sampai mendidih, dinginkan.
Bersihkan mata dengan obat daun sirih. Lakukan 2-3 x 1 hari.

Obat Infeksi Mata

Bahan
Getah patikan kerbau (Euphorbia hirta) 2-3 tetes
Cara Pengobatan
Teteskan getah patikan kerbau pada mata sakit 2 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes.

Obat Mata Belekan

Resep 1
Bahan
Batang sirida (Glyricidia maculata) 3-5 tetes
Cara Pengobatan
Potong batang sirida, lalu ambil airnya.
Teteskan obat untuk sakit mata ini 2 x 1 hari sebanyak 3-5 tetes.
Resep 2
Bahan
Batang bambu tamiang (Schizostachyum blumei) 2-3 tetes
Cara Pengobatan
Potong batang bambu tamiang, lalu ambil airnya.
Teteskan obat mata 1 x 1 hari sebanyak 2-3 tetes. Lakukan sampai sakit mata membaik.


Tag: obat awet ngora,obat tradisional sunda,obat herbal sunda,contoh artikel bahasa sunda tentang obat tradisional,artikel bahasa sunda tentang jahe,manfaat lidah buaya dalam bahasa sunda,obat tradisional dalam bahasa sunda,manfaat jahe dalam bahasa sunda,manfaat jahe pake bahasa sunda,pohon mimba bahasa sunda,manfaat kumis kucing dalam bahasa sunda.
Advertisement
Obat Tradisional Sunda Untuk Mengobati Berbagai Penyakit Ringan
Loading...