Loading...

Sejarah Singkat Banceuy Kota Bandung

Sejarah Singkat Banceuy Kota Bandung - Banceuy atau artinya perkampungan para pengurus kuda dan kandang kuda / istal, yang terletak di pusat kota Bandung, yang bersebelahan dengan penjara Banceuy, yang mana presiden Sukarno pernah di penjara di tempat ini, dan khusus ruang penjara beliau tidak dirobohkan hingga sekarang.

Istal kuda didirikan untuk mengantar barang post via kota yang dilalui dengan menunggang kuda, khususnya dari kantor pos yang terletak tidak jauh dari Banceuy, yang berada di sebelah barat di jalan Asia - Afrika menuju Batavia.

Nama jalan Banceuy weg diresmikan pemerintah Belanda tahun 1871.
Tidak hanya di Banceuy ini saja istal kuda dibangun, tetapi setiap 60 km dari kota persinggahan di bangun istal kuda, yaitu di Cianjur, Bogor dan tentunya di Batavia/Jakarta.


Yang tak kalah pentingnya, kota Bandung sebagai pusat pendidikan militer, difungsikan juga sebagai penyangga pertahanan Jakarta bila ada serangan dari luar, khususnya imperialis lain.Untuk itulah dibangun jalan melalui kota-kota tersebut.


Pasukan militer dengan menunggang kuda bila dipacu kencang, hanya bertahan sejauh 60 km, untuk itulah dibangun istal kuda juga di Cianjur yang berjarak kira-kira 60 km dari kota Bandung, Cianjur-Bogor 60 km dan Bogor-Jakarta 60 km.Setelah kudanya kelelahan disetiap istal diganti dengan kuda yang masih segar supaya bisa tetap cepat mancapai tujuan.


Termasuk juga di kota-kota tersebut disemarakan dengan pasar kuda.
Kota Bandung sendiri sebagai pusat perdagangan dan tempat pelesir para pengusaha berbagai etnis, disangga beberapa kota satelit sebagai pertahanan yang berjarak kira-kira 10 km dari kota Bandung, yaitu Cimahi, Soreang, Banjaran, Majalaya, Ranca Ekek dan Lembang.Mungkin kemampuan orang dewasa sanggup berlari atau berjalan cepat rata-rata 10 km.Sehingga para tentara akan sanggup mengamankan wilayah tersebut secara cepat walaupun tanpa menggunakan kendaraan.

(Api Sejarah hal 195).
Advertisement
Sejarah Singkat Banceuy Kota Bandung
Loading...