Loading...

Permainan Tradisional Cingciripit - Kaulinan Barudak Sunda

Permainan Tradisional Cingciripit - Kaulinan Barudak Sunda - Permainan anak -anak sunda atau Kaulinan barudak sunda sungguh banyak macamnya, namun kali ini admin Belajar Bahasa Sunda akan membahas salah satu kaulinan barudak yang paling populer dan paling banyak dimainkan oleh anak-anak masyarakat sunda terlebih anak-anak jaman dulu, namun tidak sendikit anak-anak sekarang yang masih mempraktekan permainan cingciripit ini.

Meski Permainan anak-anak sekarang lebih modern dengan berbagai alat canggih seperti Handphone, Leptop, dan alat permainan lainnya yang serba canggih, namun permainan tradisional sunda cingciripit masih banyak dimainkan oleh anak-anak sunda.

Permainan Tradisional Cingciripit - Kaulinan Barudak Sunda

Cingciripit ini biasanya dilakukan oleh anak-anak sebelum memulai permainan untuk menentukan urutan dalam bermain atau menentukan siapa yang menjadi emeng (kucing).

Cara melakukan cingciripit anak-anak berkumpul membentuk lingkaran, kemudia salah seorang diantara mereka orang yang “dituakan”dalam kelompok membuka telapak tangan, kemudian satu persatu anak meletakkan jarinya di tangan tersebut, merekan akan ngawih (bernyanyi) bersama dengan syair.

Cing ciripit tulang bajing kacapit
Kacapit kubulu pare
Bulu pare sesekeutan
Jol pa dalang mawa wayang
Jrek-jrek nong, jrek-jrek nong.

Ketika lagu hampir selesai, yaitu pada kata " Jrek-Jrek Nong" maka para pemain yang jarinya menempel di telapak tangan tadi harus bersiap-siap untuk mengangkat jarinya karena bila jari tertangkap oleh tangan si pemimpin tadi maka dia kalah dan menjadi kecing.

Pencarian Terkait Lainnya : 

  • cing ciripit artinya
  • cara kaulinan cingciripit
  • nyaritakeun naon cingciripit
  • keur naon gunana namprakkeun leungeun dina kaulinan cingciripit
  • permainan tradisional dalam bahasa sunda
  • lagu cingciripit mp3
  • lagu cing ciripit sajen
  • cing ciripit tulang bajing kacapit artinya
Advertisement
Permainan Tradisional Cingciripit - Kaulinan Barudak Sunda
Loading...