Penyebutan Orang Dalam Bahasa Sunda

Penyebutan Orang Dalam Bahasa Sunda - Beberapa waktu yang lalu admin sudah membagikan sebuah postingan tentang silsilah keluarga dalam bahasa sunda, nah pada kesempatan kali ini admin akan membagikan bagaimana cara menyebut orang dalam bahasa sunda, yang terkadang bagi orang yang sedang belajar bahasa sunda atau yang ingin mengenal lebih jauh tentang seluk beluk bahasa sunda ini

Bila dalam bahasa indonesia kita mengenal ada nama Paman dan Bibi, di jawa ada kata Mas atau Mbak , dan di Sunda ada juga kata AA dan Tétéh. Kata AA dan teteh sebetulnya digunakan untuk panggilan sopan seorang adik pada kakaknya.

Penyebutan Orang Dalam Bahasa Sunda

Perlu sobat ketahui bahwa panggilan AA biasa dipakai untuk kakak laki-laki dan Tétéh panggilan untuk kakak perempuan, namun dalam kenyataannya yang sering kita dengar bahwa kata ini digunakan untuk panggilan kepada orang yang lebih tua umurnya atau kita hormati.

Selain kata AA dan Tétéh Ada juga panggilan-panggilan lain dalam bahasa sunda, diantaranya yang paling populer dan bahkan sering kita dengan pada Obrolan sehari-hari bahasa sunda yaitu :

» Uwa biasanya digunakan untuk panggilan kepada laki-laki atau perempuan yang menjadi kakak dari orangtua.
» Bibi biasanya digunakan untuk panggilan kepada perempuan adik dari orang tua, atau istri dari adik laki-laki orangtua anda.
» Amang/Emang biasanya digunakan untuk panggilan kepada adik laki-laki dari orang tua anda.
» Neneng /Neng biasanya digunakan untuk panggilan kepada anak kecil (perempuan).
» Ujang / Jang biasanya digunakan untuk panggilan kepada anak kecil (laki-laki).
Kata neng dan ujang pada kenyataannya yang sering kita dengar banyak sekali digunakan sebagai panggilan orang yang lebih tua kepada yang lebih muda. Jadi, walaupun umur kita sudah 20 an, orang yang usianya lebih tua dari kamu kadang masih tetap memanggilmu dengan “neng/ujang”.

» Abah adalah sebutan untuk Ayah.
» Ema adalah sebutan untuk Ibu.

Seperti kata Neng dan Ujang tadi Pada prakteknya kata Abah dan Ema juga bisa disematkan ke Nenek atau Kakek atau juga kepada sesepuh atau orangtua yang dihormati.

» Akang / Kang biasanya digunakan sebagai panggilan seorang istri untuk suaminya.

Namun bisa digunakan pula untuk panggilan pada seseorang yang lebih tua atau dihormati atau untuk penggilan akrab pada seseorang, fungsinya sama seperti Aa.

Demikian artikel tentang Penyebutan Orang Dalam Bahasa Sunda
Advertisement
Penyebutan Orang Dalam Bahasa Sunda
Loading...