Kumpulan Contoh Kalimat Gaya Basa Ngasor (Litoles)

Kumpulan Contoh Kalimat Gaya Basa Ngasor (Litoles) - Dalam Ilmu bahasa mungkin sudah tidak asing lagi dengan gaya bahasa, atau lebih dikenal dengan Majas, seperti bahasa pada umumnya gaya bahasa itu bermacam-macam yang biassa digunakan dalam percakapan sehari-hari. salah satunya yaitu majas Litotes atau dalam bahasa sunda dikenal dengan Gaya Basa Ngasor.

Gaya Basa Ngasor ( Litotes) dalam bahasa sunda yaitu gaya bahsasa yang dipake untuk merendahkan diri, dan untuk menghargai orang atau untuk memberi hormat kepada orang yang lagi diajak mengobrol. Untuk merendahkan diri supaya tidak dianggap sombong.

Contoh Kalimat Gaya Basa Ngasor (Litoles)

Manehnateh jalma pinter tur benghar, ngakunamah tuna harata tuna harti.(Dia itu orang pnter dan kaya, ngakunya gak pinter gak kaya)
Usaha anakn teh maju jeng gede deuih, disebutnamah lelengkah keneh diajar keneh.(Usaha anaknya itu maju dan besar, menyebutnya masih biasa masih belajar)
Mirah sapatu abimah, meserna oge  loak padahal sapatuna mahal meulinage titoko.(sepatu saya itu murah, belinya juga dari loak, padahal sepatunya mahal belinya juga dari toko)

Hayu atuh kang, Teteh ameng ka saung abdi di palih ditu(Ayo dong semuanya main ke saung saya sebelah sana, ngakunya saung padahal rumahnya rumah permanen) 
Advertisement
Kumpulan Contoh Kalimat Gaya Basa Ngasor (Litoles)
Loading...