-->

Mengenal Percakapan atau Paguneman Dalam Bahasa Sunda


Percakapan dalam bahasa sunda lebih dikenal dengan sebutan "Paguneman" atau Obrolan yang artinya yaitu kegiatan sehari-hari yang biasa dilakukan semua orang dalam berkomunikasi baik secara lisan ataupun tulisan.

Dalam obrolan atau paguneman ini kita dituntut untuk memiliki kemampuan untuk memahami isi atau maksud dari paguneman yang diungkapkan oleh lawan ngobrol atau lawan bicara, ketika kita kurang mampu memahami maksud dan isi obrolan dapat mengakibatkan kesalah pahaman yang bisa saja berakibat fatal bagi kita.

Maka dari itu kita harus berlatih dan melatih kemampuan dalam memahami isi dari paguneman ( Percakapan/Obrolan), menulis paguneman dan mendengarkan paguneman.

Mengenal Percakapan atau Paguneman Dalam Bahasa Sunda

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui bagaimana kita dapat lebih memahami dan mengenal dan mengerti isi dari paguneman/Obrolan/Percakapan, diantaranya yaitu :
  • FOKUS . yang perlu kita lakukan yaitu fokus ketika kita mendengarkan percakapan/ obrolan atau salah satu hal, pikiran tidak boleh kemana-mana,hal ini tentunya akan membantu kita dalam memahami inti dari paguneman.

  • PAHAM, paham dalam artian dari kata-kata yang diucapkan dalam paguneman ( Obrolan) baik secara leksikal ataupun secara Gramatikal sehingga kita tidak salah mengartikan.

  • AKTIF, kegiatan mendengarkan dan memahami merupakan kegiatan yang aktif, dalam hal ini bukan aktif kita harus begerak kesana kemari tetapi yang dimaksud aktif disini yaitu pikiran kita terus bekerja dalam memahami simbol-simbol kata yang sedang kita dengarkan.
ketiga hal harus kita miliki sehingga kita lebih memahami dan mengerti apa yang sedang diobrolkan atau diutarakan oleh lawan bicara.

Demikian Artikel Mengenal Percakapan atau Paguneman Dalam Bahasa Sunda semoga bisa bermanfaat.
Advertisement
Mengenal Percakapan atau Paguneman Dalam Bahasa Sunda
Loading...