-->

Cara Menanyakan Nama Dengan Menggunakan Bahasa Sunda Yang Benar

Cara Menanyakan Nama Dengan Menggunakan Bahasa Sunda Yang Benar - Hallo para sahabat semua pada kesempatan kali ini Admin Belajar Bahasa Sunda akan membahas Bagaimana cara untuk bertanya nama menggunakan bahasa sunda yang baik dan benar, ketika kita berkenalan maka sudah hal yang lumrah pertama kali yang kita tanyakan adalah nama baru selanjutnya tempat tinggal dan lain sebagainya. lantas Bagaimana cara yang benar ketika kita bertanya nama dalam bahasa sunda?, Yuk simak selengkapnya pada artikel berikut ini. 



Dalam Bahasa Sunda Nama diartikan sebagai Ngaran,/Nami/Jenengan/Wasta. kok banyak sih? ya memang, sobat ingatkan pada postingan sebelumnya bahwa bahasa sunda itu cukup luas, satu kata bisa diartikan menjadi beberapa kata yang karena dalam bahasa sunda ada bahasa kasar, bahasa lemes dan bahasa loma.

Coba Perhatikan Penggunaan dalam kalimat berikut ini

Ngaran (Bahasa Loma)  => Ngaran Maneh teh Saha jang ( Nama kamu siapa dek)

Nami (Bahasa Halus) => Pami nami salira teh saha tea ( nama kamu itu siapa ya)

Jenengan / Kakasih ( Untuk Orang Lain) => Pami jenengan salira teh saha ( Nama kamu itu siapa )

Wasta (Bahasa untuk diri sendiri) => Wasta Sim Abdi teh Ahmad Pak ( Nama saya Ahmad Pak)

Cara Bertanya Nama dengan Benar Dengan Bahasa Sunda

Ketika bertanya perihal nama dalam bahasa sunda, umumnya orang menggunakan kata tanya "Saha " kata tanya untuk menanyakan orang

Sedangkan untuk kata ganti orang menggunakan "Anjeun/ salira" (bahasa halus) dan " Maneh" bahasa loma namun terkesan kasar, sehingga kebanyakan orang lebih sering menggunakan kata Anjeun atau salira karena terkesan lebih sopan. dan Untuk kata ganti orang ketika yaitu Anjeuna (dia) dan Manehna 

Berikut adalah beberapa contoh cara bertanya nama

Saha Aran Maneh ? ( Siapa nama mu) kalimat tanya namun terkesan sangat kasar sehingga admn tidak menyarankan menggunakan pertanyaan seperti ini. 

dan gunakan bahasa sunda lemes / halus dalam bertanya seperti contoh berikut

1. Pami nami salira teh saha? ( nama kamu itu siapa ya)

2. Dupi jenengan teh saha? ( kalau nama kamu siapa)

3. Pami pun biang teh jenengana saha? ( kalau nama ibu kamu siapa)

4. Tuang rama teh jenengana saha? ( Ayah mu namanya siapa)

Seperti yang sudah dibahas diatas oleh admin bahwa ketika kita bertanya haruslah menggunakan bahasa yang halus agar terlihat sopan sesuai dengan tatakrama bahasa sehingga kita tidak salah memilih kata dalam bertanya.

Advertisement
Cara Menanyakan Nama Dengan Menggunakan Bahasa Sunda Yang Benar
Loading...
Next
This Is The Current Newest Page