-->

Percakapan Bahasa Sunda meminta izin

Contoh Percakapan dalam Bahasa sunda yang isinya tentang permintaan izin seseorang kepada lawan bicaranya, seperti sudah dibahas dalam postingan sebelumnya bahwa percakapan merupakan kegiatan sehari-hari yang dilakukan dalam berkomunikasi antar sesama.

Dalam hal ini tentu kita dituntut untuk memahami maksud dari percakapan tersebut, karena jika kita kurang mampu memahami isi dan tujuan percakapan ini maka bisa mengakibatkan kesalah pahaman tentunya. 

Percakapan Bahasa Sunda meminta izin


Didalam percakapan selain kita harus memahami isi dan tujuan percakapan tersebut, kita juga harus paham lawan bicara kita serta kita harus bisa menggunakan kata yang tepat, yang dimaksud tepat disini yaitu penggunaan bahasa yang ditujukan kepada lawan bicara, misalnya kita menggunakan bahasa halus jika melakukan percakapan dengan orang tua atau orang yang kita hormati, atau menggunakan bahasa loma jika lawan bicara kita adalah teman kita sendiri. 

Contoh Percakapan Bahasa Sunda Meminta Izin

Berikut ini adalah salah satu contoh percakapan bahasa sunda dengan tema meminta izin yang dilakukan oleh Raka selaku anak dan Bu Ami selaku Ibunya Raka.

Raka   : " Mbu, Raka amitan bade mios ka sakola "

Bu Ami : " Oh enya, tos sasarap teu acan ?"

Raka   :  " Atos, Mbu engke Raka wangsulna rada siang bade latihan Pramuka heula."

Bu Ami : " Muhun, Kade kalangkung netepan lohor nya!"

Raka   :  " Moal atuh Mbu, Raka mios heula nya,"

Bu Ami : " Waalaikum salam, kade nya ati-ati di jalan!"

Raka  : " Muhun"

Kosakata Singkat : 

  • Mios  = Berangkat
  • Sasarap = Makan
  • Wangsul = Pulang
  • Netepan = Sholat / Ibadah dalam agama islam
  • Ati-ati = Hati-hati
Demikian Contoh singkat percakapan bahasa sunda tentang meminta izin yang bisa admin bagikan, semoga membantu dan bermanfaat tentunya. 
Advertisement
Percakapan Bahasa Sunda meminta izin
Loading...